4 Amalan Sunnah untuk Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Umat Muslim Wajib Tahu

Merdeka.com – Muhammad SAW merupakan manusia mulia yang menjadi nabi dan rasul terakhir umat muslim. Setiap muslim selalu dianjurkan untuk meneladani perbu4tan, perkataan, serta seluruh fitrahnya dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW juga memiliki beberapa sifat wajib, seperti Shidiq (benar), Tabligh (menyampaikan), Amanah (dipercaya), dan Fathonah (cerdas). Tak heran, jika setiap hari kelahirannya selalu dirayakan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Beragam acara mulai di tingkat desa sampai istana negara menyelenggarakan acara perayaan Maulid Nabi.

Melansir dari NU Online, tradisi merayakan Maulid Nabi Muhammad merupakan bid’ah yang baik atau disunahkan. Dengan kata lain, meski tidak pernah dilakukan pada zaman Rasulullah SAW, tradisi ini dianjurkan untuk digelar karena di dalamnya terdapat sisi mengagungkan dan kecintaan kepada Rasulullah.

Ada banyak amalan sunnah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Berikut ini beberapa amalan sunnah Maulid Nabi yang merdeka.com lansir dari NU Online:

Membaca Shalawat

Salah satu amalan sunnah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW adalah membaca shalawat sebanyak-banyaknya. Sholawat nabi nisa dibaca kapan saja mulai dari pagi, siang, sore, dan malam. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Alquran berikut ini:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (QS. Al Ahzab: 56).

Ada beragam sholawat nabi yang bisa dibacakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Berikut beberapa sholawat nabi yang bisa dibaca oleh setiap muslim:

• Sholawat Nariyah

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.

• Sholawat Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid

Bersedekah

Salah satu amalan sunnah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ialah bersedekah. Hal ini dilakukan untuk memperingati kelahiran Rasulullah sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Adapun keutamaan bersyukur bagi umat muslim ialah salah satunya Allah akan menambah nikmat dan dilapangkan rizkinya. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surah Alquran, Allah SWT berfirman:

“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumatkan, ‘Sesungguh¬nya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’,” (QS Ibrahim ayat 7).

Puasa Sunnah

Amalan sunnah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad adalah berpuasa. Rasulullah SAW selalu memperingati hari lahirnya dengan berpuasa pada hari Isnin. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadits berikut ini:

“Pada hari itu aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan (atau hari itu diturunkan Al-Qur’an kepadaku)”. (HR. Muslim)

Berzikir

Berzikir kepada Allah SWT menjadi salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan umat muslim untuk memperingati Maulid Nabi. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dan supaya setiap muslim selalu mengingat Allah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar-Ro’d ayat 28 yang berarti:

“Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tenteram.” (QS Ar-Ro’d;28).

Sumber: Merdeka.com

About admin

Check Also

Menjelang Kiam4t, Kaabah Akan Diangkat Kelangit Bila Perkara Ini Berlaku

Gambar Sekadar Hiasan Dalam keh4ngatan proses meruntuhkan dan perluasan Masjidil H4ram kini, pada suatu hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *